Jumat, 18 Maret 2016

VISI - MISI JURUSAN PLS

RENSTRA JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

A.    Identitasi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah
1.      Program Studi (PS)                        :  Pendidikan Luar Sekolah
2.      Jurusan/Departemen                    :  Ilmu Pendidikan
3.      Fakultas                                         :  Keguruan dan Ilmu Pendidikan
4.      Perguruan Tinggi                          :  Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
5.      Ketua Prodi                                   : Drs.H.Irwan Djumna, M.Pd
6.      Sek.Prodi                                       : Dr.Sudadio, M.Pd
7.      Nomor SK pendirian PS (*)           :  377/DIKTI/Kep/1992
8.      Tanggal SK pendirian PS               :  19 Agustus 1992                  
9.      Pejabat Penandatangan SK Pendirian PS                          :  Sukadji Ranuwihardjo
10.  Bulan & Tahun Dimulainya Penyelenggaraan PS             :  September 1992
11. Nomor SK Izin Operasional (*)            :  134/DIKTI/ 2007
12.  Tanggal SK Izin Operasional                     :  21 September 2007
13.  Peringkat (Nilai) Akreditasi Terakhir        :  C
14.  Nomor SK BAN-PT                         :  019/BAN-PT/Ak-X/S1/XII/2006
15.  Alamat PS                                      :  Jl. Jakarta KM. 4 Pakupatan Serang
16.  No. Telepon PS                              :  0254 380330 Ext 116
17.  No. Faksimili PS                             :  0254281254

B.    Visi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah
Pada tahun 2025  menjadikan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah  yang mampu menghasilkan lulusan tenaga pendidik dan kependidikan formal, nonformal, dan informal yang bermutu dan berkarakter unggul

C.     Misi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah
Misi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah dilaksanakan secara bertahap melaluii berbagai kegiatan  proses pendidikan di setiap semester hingga tahun 2025, dengan rincian misi adalah sbb;
      1. Melaksanakan  layanan kegiatan proses Pendidikan ( pembelajaran, bimbingan dan atau pelatihan ) yang lengkap, relevan dan bermutu, dengn menggunakan berbagai pendekatan,  berbagai strategi, dan metode dan multimedia.
      2. Menyediakan  tenaga pendidik ( doesn ) dan tenaga  kependidikan yang professional sesuai dengan tuntutan kurikulum dan beban kerja masing - masing.
      3. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta berbagai program dan kegiatan praktek pendidikan dan kemasyrakatan lainnya yang sesuai dan menunjang keilmuan dan wawasan akademik mahasiswa/para lulusan PLS.
      4. Melasanakan kegiatan proses pendidikan yang berbasis kepada falsafah pendidikan luar sekolah yaitu sebagai; pelengkap, penambah, pengganti dan pengembang.
      5. Menghasilkan produk-produk kependidikan inovatif dalam rangka untuk kepentingan pengembangan kurikulum serta kegiatan pembelajaran pada satuan Pendidikan Luar Sekolah

D.    Tujuan dan sasaran Jurusan Pendidikan Luar Sekolah
Adapun tujuan jurusan pendidikan luar sekolah yang dimulai sejak  tahun 2012 – 2025 secara bertahp melalui kegiatan proses pendidikan baik terstruktur, terjadual maupun secara mandiri dalam SKS disetiap  semester hinga ujian akhir studi adalah sbb
a.      Menghasikkan lulusan yang bermutu dan berkarakter unggul dibidang pendidikan formal, nonformal dan informal.
b.      Menghasilkan lulusan yang bermutu sebagai pendidik dan tenaga kependidikan dalam satuan Pendidikan formal, non forml, informal yang berwawasan nilai – nilai lokal, nasional, dan global.
c.       Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk menggali dan menggunakan berbagai teknologi informasi dengan memanfaatkan serta menggunakan kemajuan teknologi yang relevan dengan perkembangan pendidikan luar sekolah
d.      Menghasilkan lulusn yang memiliki jiwa entrepreneurship yang ditunjang dengan kepemiliki kompetensi yang mampu berkompetisi dalm berbagai kawasan 
E.     Strategi
Pelaksanaan strategi dilakukan secara bertahap memelaui kegiatan proses pendidikan pada setiap semester yang dimulai sejak tahun2012 hingga tahun 2025
  1. Penerimaan Mahasiswa: melaksanakan system penerimaan mahasiswa PLS yang bermutu dan akuntabel.
  2. Kurikulum, tersediannya kurikulum program studi yang bermutu dan senantiasa mengacu kepada berbagai perkembangan IPTEK yang relevan dengan kebutuhan berbagai stacholder baik berskala lokal, nasional maupun globl.
  3. Tenaga Pendidik : ketersediaan dosen yang cukup dan bermutu serta memiliki tingkat professionalisme yang tinggi sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan kurikulum pembelajaran.
  4. Sarana dan prasarana; menyediakan berbagai sarana dan prasarana yang mencukupi dan berkualitas  sesuai dengan kebutuhan dan kelangsungan kegiatan proses pendidikan.
  5. Kerjasama lintas sektor; melaksanakan dan melibatkan berbagai sektor yang relevan dalam rangka untuk menujang perkembangan dan  kemajuan serta meningkatkan wawasan dan mutu kegiatan proses pendidikan dalam rangka menghasilkan lulusan yang bermutu dan berkarakter unggul.
  6. Sistem penjaminan mutu jurusan: membuat dokumen mutu serta melaksankan sistem penjaminan mutu jurusab PLS secara terus menerus dan berkesinambungan ( continyus improvement )
  7. Pengelolaan prodi; terlaksanannya tata kelola program studi yang sehat dan akuntabel serta produktif yang diserta dengan keterjaminan pencitraan public yang baik

F.     Profil Lulusan dan Kompetensi Jurusan Pendidikan Luarv Sekolah
1.                 Mampu mengaplikasikan prinsip, azas, pendekatan, strategi dan metode Social Education dan Andragogy, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat, serta pendidikan nonformal dan informal, untuk menyelesaikan masalah-masalah mutakhir kualitas manusia dan masyarakat
2.                 Menguasai berbagai konsep human behavioral sciences dan teori pendidikan terutama andragogi, pedagogi sosial, pedagogi kritis, dan belajar sepanjang hayat agar mampu berperan sebagai pendidik dan pengelola program pada bidang penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat, dan pendidikan nonformal  dan informal.
3.                 Mampu mengambil keputusan dan  mengembangkan inovasi yang tepat berdasarkan analisis, informasi dan data, memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok dalam bidang penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat, dan pendidikan nonformal dan informal.
4.                 Bertanggung jawab dalam  bidang penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat, dan pendidikan nonformal dan informal atas pencapaian hasil kerja secara professional dan akuntabel.
5.                 Mampu mengaplikasikan prinsip, azas, pendekatan, strategi dan metode Social Education dan Andragogy, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat, serta pendidikan nonformal dan informal, untuk menyelesaikan masalah-masalah mutakhir kualitas manusia dan masyarakat
6.                 Menguasai berbagai konsep human behavioral sciences dan teori pendidikan terutama andragogi, pedagogi sosial, pedagogi kritis, dan belajar sepanjang hayat agar mampu berperan sebagai pendidik dan pengelola program pada bidang penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat, dan pendidikan nonformal  dan informal.
7.                 Mampu mengambil keputusan dan  mengembangkan inovasi yang tepat berdasarkan analisis, informasi dan data, memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok dalam bidang penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat, dan pendidikan nonformal dan informal.

G.     Kompetensi lulusan

KOMPETENSI UTAMA
Setiap lulusan  PLS mnemiliki kompetensi utama
1.    Penguasaan Bidang Keilmuan dan Keahlian
Penguasaan subtansi keilmuan yang melandasi keahlian yang bersangkutan  dengan berbagai kebutuhan masyarakat dan perkembangan IPTEK di bidang PNFI.
2.    Pengelolaan Satuan Pendidikan
Penguasaan konsep dan prinsip dalam pengelolaan satuan Pendidikan Luar Sekolah pada khususnya dan lingkup PNFI pada umumnya.
3.    Penguasaan kegiatan proses pendidikan
Penguasaan konsep dan prinsip dasar dalam kegiatan pross poendidikan pada lembaga PNFI.
4.    Pengembangan diri kereatifMemiliki  kemampuan kreatif untuk mengembangkan diri sesuai tuntutan dan perkembangan serta kemajuan dunia penididkan PNFI
KOMPETENSI PENDUKUNG
Lulusan JURUSAN PLS memiliki kemampuan sebagai pendidik dan pengelola pada  pendidikan formal, non formal dan informal


KOMPETENSI LAINNYA
Kompetnsi lainnya adalah;  setiap luluan PLS memiliki kemampuan serta dapat menjadi praktisi, pekerja dan peneliti socsal

kasih sayang

aku terlahir dr keluarga miskin, namun demikian ku bangga dengan kerukunan org tuaku biarpun serba kekurangan namun kami semua tdk pernah mengeluh...itulah salah satu contoh cinta kasih dr kedua org tuaku.... yg sesungguhnya ku tdk merasakan kasih syg ibu krena disaat ku barumenginjak kls VI SD ibu menghadapi Ilahi.... keadaan makin sempurna susahnya.