RENSTRA JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
A. Identitasi
Jurusan Pendidikan Luar Sekolah
1.
Program Studi
(PS) : Pendidikan Luar
Sekolah
2.
Jurusan/Departemen : Ilmu Pendidikan
3.
Fakultas :
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
4.
Perguruan
Tinggi :
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
5.
Ketua Prodi : Drs.H.Irwan Djumna, M.Pd
6.
Sek.Prodi : Dr.Sudadio, M.Pd
7.
Nomor SK
pendirian PS (*) : 377/DIKTI/Kep/1992
8. Tanggal SK
pendirian PS : 19 Agustus 1992
9. Pejabat
Penandatangan SK Pendirian PS :
Sukadji Ranuwihardjo
10. Bulan & Tahun Dimulainya Penyelenggaraan
PS : September 1992
11.
Nomor SK Izin Operasional (*) :
134/DIKTI/ 2007
12. Tanggal SK
Izin Operasional : 21 September 2007
13. Peringkat
(Nilai) Akreditasi Terakhir : C
14. Nomor SK
BAN-PT :
019/BAN-PT/Ak-X/S1/XII/2006
15. Alamat PS :
Jl. Jakarta KM. 4 Pakupatan Serang
16. No.
Telepon PS :
0254 380330 Ext 116
17. No.
Faksimili PS :
0254281254
B. Visi Jurusan
Pendidikan Luar Sekolah
Pada tahun 2025 menjadikan Jurusan
Pendidikan Luar Sekolah yang mampu menghasilkan
lulusan tenaga pendidik dan kependidikan formal, nonformal, dan informal yang
bermutu dan berkarakter unggul
C. Misi Jurusan
Pendidikan Luar Sekolah
Misi Jurusan Pendidikan Luar
Sekolah dilaksanakan secara bertahap melaluii berbagai kegiatan proses pendidikan di setiap semester hingga
tahun 2025, dengan rincian misi adalah sbb;
- Melaksanakan layanan kegiatan proses Pendidikan ( pembelajaran, bimbingan dan atau pelatihan ) yang lengkap, relevan dan bermutu, dengn menggunakan berbagai pendekatan,
berbagai strategi, dan metode dan
multimedia.
- Menyediakan tenaga pendidik ( doesn ) dan
tenaga kependidikan yang
professional sesuai dengan tuntutan kurikulum dan beban kerja masing -
masing.
- Melaksanakan kegiatan
penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta berbagai program dan
kegiatan praktek pendidikan dan kemasyrakatan lainnya yang sesuai dan
menunjang keilmuan dan wawasan akademik mahasiswa/para lulusan PLS.
- Melasanakan kegiatan
proses pendidikan yang berbasis kepada falsafah pendidikan luar sekolah
yaitu sebagai; pelengkap, penambah, pengganti dan pengembang.
- Menghasilkan
produk-produk kependidikan inovatif dalam rangka untuk kepentingan
pengembangan kurikulum serta kegiatan pembelajaran pada satuan Pendidikan Luar Sekolah
D. Tujuan dan
sasaran Jurusan Pendidikan Luar Sekolah
Adapun tujuan
jurusan pendidikan luar sekolah yang dimulai sejak tahun 2012 – 2025 secara bertahp melalui
kegiatan proses pendidikan baik terstruktur, terjadual maupun secara mandiri
dalam SKS disetiap semester hinga ujian
akhir studi adalah sbb
a.
Menghasikkan lulusan yang
bermutu dan berkarakter unggul dibidang pendidikan formal, nonformal dan
informal.
b.
Menghasilkan lulusan yang
bermutu sebagai pendidik dan tenaga kependidikan dalam satuan Pendidikan formal, non forml, informal yang berwawasan nilai –
nilai lokal, nasional, dan global.
c.
Menghasilkan lulusan yang
memiliki kemampuan untuk menggali dan menggunakan berbagai teknologi informasi
dengan memanfaatkan serta menggunakan kemajuan teknologi yang relevan dengan
perkembangan pendidikan luar sekolah
d.
Menghasilkan lulusn yang
memiliki jiwa entrepreneurship yang ditunjang dengan kepemiliki kompetensi yang
mampu berkompetisi dalm berbagai kawasan
E. Strategi
Pelaksanaan
strategi dilakukan secara bertahap memelaui kegiatan proses pendidikan pada
setiap semester yang dimulai sejak tahun2012 hingga tahun 2025
- Penerimaan Mahasiswa: melaksanakan system
penerimaan mahasiswa PLS yang bermutu dan akuntabel.
- Kurikulum, tersediannya kurikulum
program studi yang bermutu dan senantiasa mengacu kepada berbagai
perkembangan IPTEK yang relevan dengan kebutuhan berbagai stacholder baik
berskala lokal, nasional maupun globl.
- Tenaga Pendidik : ketersediaan dosen
yang cukup dan bermutu serta memiliki tingkat professionalisme yang tinggi
sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan kurikulum pembelajaran.
- Sarana dan prasarana; menyediakan berbagai sarana dan prasarana yang mencukupi dan
berkualitas sesuai dengan kebutuhan
dan kelangsungan kegiatan proses pendidikan.
- Kerjasama lintas sektor; melaksanakan dan melibatkan berbagai sektor yang relevan dalam
rangka untuk menujang perkembangan dan
kemajuan serta meningkatkan wawasan dan mutu kegiatan proses
pendidikan dalam rangka menghasilkan lulusan yang bermutu dan berkarakter
unggul.
- Sistem penjaminan mutu jurusan:
membuat dokumen mutu serta melaksankan sistem penjaminan mutu jurusab PLS
secara terus menerus dan berkesinambungan ( continyus improvement )
- Pengelolaan prodi; terlaksanannya tata
kelola program studi yang sehat dan akuntabel serta produktif yang diserta
dengan keterjaminan pencitraan public yang baik
F. Profil
Lulusan dan Kompetensi Jurusan Pendidikan Luarv Sekolah
1.
Mampu mengaplikasikan prinsip, azas,
pendekatan, strategi dan metode Social Education dan Andragogy, termasuk penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi dalam bidang penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan
masyarakat, serta pendidikan nonformal dan informal, untuk menyelesaikan
masalah-masalah mutakhir kualitas manusia dan masyarakat
2.
Menguasai berbagai konsep human behavioral sciences dan teori
pendidikan terutama andragogi, pedagogi sosial, pedagogi kritis, dan belajar
sepanjang hayat agar mampu berperan sebagai pendidik dan pengelola program pada
bidang penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat, dan pendidikan nonformal dan informal.
3.
Mampu mengambil keputusan dan
mengembangkan inovasi yang tepat berdasarkan analisis, informasi dan
data, memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara
mandiri dan kelompok dalam bidang penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat, dan
pendidikan nonformal dan informal.
4.
Bertanggung jawab dalam bidang
penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan
masyarakat, dan pendidikan nonformal dan informal atas pencapaian hasil
kerja secara professional dan akuntabel.
5.
Mampu mengaplikasikan prinsip, azas,
pendekatan, strategi dan metode Social Education dan Andragogy, termasuk
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang penyuluhan,
pelatihan, pemberdayaan masyarakat, serta pendidikan nonformal dan informal,
untuk menyelesaikan masalah-masalah mutakhir kualitas manusia dan masyarakat
6.
Menguasai berbagai konsep human behavioral sciences dan teori
pendidikan terutama andragogi, pedagogi sosial, pedagogi kritis, dan belajar
sepanjang hayat agar mampu berperan sebagai pendidik dan pengelola program pada
bidang penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat, dan pendidikan nonformal dan informal.
7.
Mampu mengambil keputusan dan
mengembangkan inovasi yang tepat berdasarkan analisis, informasi dan
data, memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara
mandiri dan kelompok dalam bidang penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat, dan
pendidikan nonformal dan informal.
G.
Kompetensi lulusan
KOMPETENSI UTAMA
|
Setiap
lulusan PLS mnemiliki kompetensi utama
1. Penguasaan Bidang Keilmuan dan
Keahlian
Penguasaan subtansi keilmuan yang melandasi keahlian yang bersangkutan dengan berbagai kebutuhan masyarakat dan
perkembangan IPTEK di bidang PNFI.
2. Pengelolaan Satuan Pendidikan
Penguasaan konsep dan prinsip dalam pengelolaan satuan Pendidikan Luar
Sekolah pada khususnya dan lingkup PNFI pada umumnya.
3. Penguasaan kegiatan proses pendidikan
Penguasaan konsep dan prinsip dasar dalam kegiatan pross poendidikan pada
lembaga PNFI.
4. Pengembangan diri kereatifMemiliki kemampuan kreatif untuk mengembangkan diri
sesuai tuntutan dan perkembangan serta kemajuan dunia penididkan PNFI
|
KOMPETENSI PENDUKUNG
|
Lulusan JURUSAN PLS memiliki kemampuan sebagai
pendidik dan pengelola pada pendidikan
formal, non formal dan informal
|
KOMPETENSI LAINNYA
|
Kompetnsi lainnya adalah; setiap luluan PLS memiliki kemampuan serta
dapat menjadi praktisi, pekerja dan peneliti socsal
|