Jumat, 17 Mei 2013

PROSES PENDIDIKAN

Sejenak mengenang pengalaman 32 tahun menjadi PNS dan 23 th sebagai guru/dosen, sebagai PNS saya bersyukur selama 32 th dalam keadaan sehat walafiat walau mungkin secara ekonomi datar-datar saja, dan ini seseuai dengan latar pekerjaan yaitu PNS, yang notabennya tdk mungkin bisa kaya raya kecuali dapat warisan atau melakukan pekerjaan ilegal berupa korupsi.

Selama 32 tahun pula saya diberi kesempatan dan kepercayaan mengabdi di negeri ini yang diawali dari pengabdian sebagai PNS perawat di Puskesmas selama 10 tahun, dengan gaji waktu itu tahun 1981 sebesar RP 19.050,-, tentu dibanding dengan sekarang sudah jauh berbeda, selanjutnya pengabdian berubah menjadi guru perawat, guru bidan dan dosen Akper dimulai sejak tahun 1990 hingga tahun 2002, men gingat yang di bina adalah murid perawat, dalam proses pendidikan relatif tertib karena peserta didikny sudah terbiasa disiplin, dan bersyukur dapat saya jalani dengan selamat tanpa cacat.

Selanjutnya, Atas takdir ALLah saya meluangkan waktu untuk sekolah di S1, S2 dan S3 yang dimulai sejak tahun 1997 dan berakhir dengan baik selesai S3 tahun 2004, yang ntotal tahun belajar dari S1,S2 dan S3 selama 60 bulan dengan diakhir yudisium doktor dengan predikat Cumlaude, atas dasar ini saya mencoba perutungan untuk pindah dari departemen Kesehatan RI, ke lingkup Departemen pendidikn tepatny sejak th 2002 saya ditempatkan sebagai dosen di Untirta hingga saat ini

Pengabdian di Untirta berjalan dengan lancar dan dengan dinamis yang cukup tinggi terutama dalam kehidupan antara dosen paling utama perhatian pimpinan, sya bersyukur diberi kepercayaan untuk mendirikan Pascasarjana Untirta pada th 2008-2009, dan pada tahun 2010 saya kembali diberi kepercayaan mendirikan lembaga penjaminan mutu, keduanya saat ini sudah berdiri dengan megah alhamdulillah......

Namun sayang ternyata dalam perjalanan nasib saya tdk seberuntung orang lain, saya hanya sebatas pendiri tdk lebih, Selanutnya saat ini saya masih berharap ada keajaiban kiranya usulan jabatan fungsional Guru besar berharap ada mujizat dari Allah hingga usulan tersebut berhasil dengan baiak dan nberharap di tahun 2013-2014 ini semoga ya Allah.....

Kesan dalam kegiatan proses pendidikan, terutama terhadap mhs prinsipnya menyenangkan, kecuali terhadap mhs yang malas, dan tidak disiplin, hal ini terjadi karena mhs ada diantaranya tdk menyadari beban tg jawab dirinya terhadap dirinya sendiri , eehingga mereka belajar tdk serius, masih seperti anak TK, menyenangi bila dosennya tdk hadir, dan suku mengulangi kesalahan yang sama seperti mencontek waktu ujian, kondisi ini akan berimplikasi kepada mutu SDM bangsa ini, sehingga pada akhirnya akan melahiorkan manusia yang memiliki kemampuan palsu dia spek akademis namun miskin dari aspek moral dengan karakter yang cenderung berkepribadian ganda, semoga makin hari makin baik dan berharap di bangsa ini baik kehidupan dan interaksi vertikal maupun kehidupan dan interaksi horizontal dapat memberikan teladan dalam segala hal... amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar