Kamis, 17 Januari 2019

DEBAT CAPRES TH 2019

materi debat  I : hukum, ham, korupsi, dll

kisi - kisi debat sudah diberikan kepada paslon dan timses kedua pasangan calon.

proses dan perjalanan debat, berlangsung dengan lancar, tetaapi bagi saya tdk terlalu menarip dengan alasan:

 pembawaan dan tampilan moderator perempuan yang tegang dan menegangkan, kaku, sok kuasa, dan terlihat grogi serta tress berat, harus nya waaupun harus tegas, tapi tampilan sebaiknya luwes, releks, dan disertai senyum ( tdk dilarangkan tersenyum / kecuali ada larangan moderator tdk boleh  senyum.

tapi sayangnya banyak menggunakan kata-kata  "paksa ",,, seperti " harus " dll, padahal akan lebih baik bila menggunakan kata-kata..." dimohon untuk menyimak.. " dengan baik pertanyaan yang saya bacakan, karena tdk ada pengulangan...

seharusnya mengulangi pertanyaan tdk maslah... kalupun berhubungan dgn kontrak waktu dgn TV, saya kira itu kan biasa dicarikan solusi yang agak longgar...

kenapa demikian...semua dan moderator juga harus bijak...mengingat ada cawaores yg usianya diatas 70 th... jadi jangan seperti jebakan batmen...

saya sarankan ...untuk  debat yg kedua, ketiga, keempat dan kelima moderatornya harus berbeda terus..

kalau dipercaya izinkan saya melamar untuk menjadi mederator pada debat berikutnya yang materi debatnya ada pendidikan dan kesehatan 

Hormat saya

Prof. Dr. Sudadio, M.Pd/ 081280146933
dosen sarjana dan pascasarjana Untirta Banten
email: dr.Sudadio@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar