Jumat, 12 Juli 2013

KURIKULUM 2013

KURIKULUM
Tahun pembelajaran tahun 2013/2014, akan segera dimulai tepatnya tgl 15 Juli 2013 merupakan awal tahun pembelajaran baru, diawal tahun ini pemerintah sudah mencanangkan utnuk menerapkan kurikulum 2013, yang katanya... DIGEMBAR GEMBORKAN OLEH SESEORANG PEJABAT DENGAN MENGATAKAN BAHWA  KURIKULUM 2013 MERUPAKAN KURIKULUM TERBAIK DIDUNIA.... WAH0WAH-WAH....dari mana pak, anda menilai kalau kurikulum 2013 itu terbaik didunia dan dari kurikulum-kurikulum terdahulu...dan apapula yang dijadikan sebagai standar untuk mengatakan kurikulum 2013 yang terbaik... ?

Penrnyataan pejabat ini mencerminkan sikap seorang pejabat yang arogan, dan bodoh, jangan-jangan waktu kuliah ia sendiri tdk pernah belajar tentang teori kurikulum...dan jangan-jangan ia hanya mendapat ilmu praktis dari para pembisiknya... inilah contoh dan sekaligus penyebab pendidikan di Indonesia tercinta ini dari tahun ketahun tdk membaik kualitasnya, bahkan semakin terpuruk, padahal setiap ganti menteri kurikulumpun ikut diganti, persis seperti orang suka poligami...

Atas dasar berbagai pernyataan, termasuk kegamangan para pelaksana terdepan yang mengatakan belum siap, apanya yang belum siap... jangan dipandanmg dan jangan dijadikan barang mewah, akan tetapi kurikulum jangan juga dipandang sederhana, karena hanya kurikulumlah yang akan membawah manusia itu mau dijadikan apa, oleh sebab itu kepada temnan-temnan pendidikan di pendidikan dasar dan menengah laksanakan kurikulum 2013 apa adanya, karena apapun kurikukulumnya bila tanpa ditunjang dengan ketersediaan suber daya sebagai pendukung maka selamanya kurikulum tersebut akan tetap menjadi penonton semata, kemudian sesungguhnya kurikulum 2013 itu tdk ada yang nerubah, sebagai pendidik harus paham betul bahwa kunci dalam proses pendidikan dalam menghadapi gunta ganti kurikulum adalah strategilah kuncinya.

Kepada para pejabat agar tdk bicara sembarangan bila tdk tahu dasar atau anda sudah terlalu pintar sehingga hal-hal mendasar anda lupakan, yaotu untuk mengatakan dan menilai baik atau tdknya kurikulum dasar utamanya adalah dinilai dari gasil penerapannya yang dapat dinilai secara induktif dan deduktif, dan harus dipahami empat hal mendasar yang menjadi ukuran standar bermutu atau tdknya suatu kurikulum... bersambung......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar