Senin, 14 Oktober 2013

AKHIRNYA INILAH KENYATAAN

BICARA REALITA

Tdk sedikit manusia dimuka bumi ini yang tampil sebagai pahlawan kesiangan, bahkan sebelumnya sering menghujat, yang palimg hebat lagi merasa dirinya paling berperan. Dimalam takbiran idhul adha ini saya ingin mengunkapkan realita yang sesungguhnya, karena selama ini suadah lima tahun lebih saya paksakan berpuasa untuk tdk mau terjebak pada perdebatan yang seharusnya tdk perlu diperdebatkan, akan teapi krena ada orang-orang yang mengaku paling tahu, padahal sesungguhnya dia tdk tahu sama sekali apa yang terjadi dan bagaimana proses yang sesungguhnya.

Para pembaca dan yang berkepentingan yang Budimana, izinkan saya membuka realita riwayat berdirinya  Pascasarjana Untirta, awalnya saya diberi kepercayaan sebagai ketua tim pendidirian Pascasarja Untirta oleh Prof. Dr. H. Yoyo Mulyana, M,Ed,  pada pertengahan tahun 2007 ( karena padaa saat itu saya koodinator pascasarjana UNJ kelas Untirt dari tahu 2005 ), dengan kepercayaan tersebut saya mulai menysusn  proposal pendirian pascasarjana dengan prodi Manajemen Pendidikan dan Pendidikan Bahasa Indonesia, yang setelah disampaikan ke Dikti proposal tersebut smpat tdk diproses  dengan alasan karena Prodi Manajemen Pendidikan sudah banyak, akibatnya  usulan ( proposal yang ditususun dan tdk ada satupun orang untirta yang ikut menyususn ) menjadi tertunda, blm diproses hingga mendekati bulan puasa tahun 2008, 

Kurang lebih 3 hari lagi masuk puasa di tahun 2008, saya mendapatkan telpon dari " penghubung " di Diknas, bahwa bagian perizinan minta diundang untuk vistasi tentang proses dan kelanjutan proposal pendirian pascasarjana Untirta, singkat cerita saya telap dan datanglah pejabat bagian perizinan dua orang keruang kerja saya yang saat ini menjadi ruang kuliah no 52, diruangan itulah atas perundingan dan hasil buah pikirn saya dengan pejabat tersebut ( nama pejabat saya rahasiakan ), membahas alternatif nama prodi sebagai penganti prodi Manajemen Pendidikan, yang saat itu ada dua pilihan saya tawarkan kepada pejabat tersebut yaitu : Prodi Manajemen Pembelajaran dan Teknologi Pembelajaran, singkat cerita akhirnya pejabat tersebut menanyakan kepada saya bagaimana kalau kita ambil Teknologi Pembelajaran saja, spontan saya jawab ok saya setuju, setelah itu saya jamu pejabat tersebut di rumah makan sup ikan taman,

Setelah kunjungan berkhir, keesokan harinya  dengan penuh semangat saya bongkar proposal Manajemen Pendidkian dirubah dan di sempunakan menjadi Teknologi Pembelajaran,.. INGAT...INGAT...INGAT WAHAI TEMAN-TEMAN.. BUKAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN, TAPI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN ( TPm )  ini singkatan resmi yang saya buat diawal penerimaan mahahsiswa baru yang singkat ceritanya kurang lebih 8 bulan berkutnya sejak proposal teknologi pembelajaran dimasukan sebagai pengganti proposal MP, turunlah izin operasional tepatnya Tgl.... tahun 2009, dengan SK......???? 

Perlu diketahui untuk kurikulum TPm dengan kodenya  yang sekarang sudah terjadi perubahan walau sepertinya perubahan yang dilakukan justru  mengaburkan ciri khas TPm itu sendiri, dan bhkan sudah ada konsentrasi MP, walau dalam pembuatan tesis belum dihargai... sedangkan untuk kurikulum Pendidikan Bhs Indonesia saya ditolong oleh teman saya dari universitas negeri Bengkulu, karena teman-teman  PBI Untirta saat itu tdk peduli untuk memberi bantuan kurikulum pbi, sedangkan TPm, murni saya susun sendiri dengn fokus  100 persen untuk perbaikan kualitas Pembelajaran, artinya diperuntukan bagi teman-teman yang berminat memperbaiki kualitas mengajar nya baik sekolah dikdasmen maupun di PT  dengan cara mengikuti kuliah di S2 TPm Unirta, 

Eh... EH,,,EH,,,ADA KEJADIAN Aneh tapi nyata  bin ajaib,    seiring waktu terus berjalan, ada seseorang yang mengaku-ngaku paling tahu bahkan mengaku membuat prooposal, lebih fatal dan menggelikan lagi ADA SESEORANG YANG BERKATA DIIHADAPAN SAYA,,, INI CERITANYA: " SAYA BERTERIMA KASIH KEPADA PAK SUDADIO, SEIRING DENGAN SAYA TAMAT SEKOLAH... EH YANG TADINYA PAK DIO USULKAN PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN, TAPI MALAH YANG TURUN PERSETUJUANNYA TEKNOLOGI PEMBELAJARAN.... HATIKU BERKATA .....HA-HA-HAHHHHHAAAAA... LIMA TAHUN INI SAYA PENDAM, TAPI BELAKANGAN SEPERTINYA MAKIN JADI, " saya tdk bermaksud apa-apa kecuali hanya meluruskan sejarah semata, dan saya kasihan kepada orang-orang yang ngaku-ngaku ini apalagi " BAPAK.ITU.... CUMA ADA DILAGU PAK...."  KALAU SEMANGKA BISA BERBUAH MANGGA...., DIA TDK TAHU BAGAIMANA PROSES DAN CERITA PERGANTIAN DARI USULAN  MANAJEMEN PENDIDIKAN MENJADI PRODI TEKNOLOGI PPEMBELAJARAN, MAKANYA PAK HARUS JUJUR JANGAN AROGAN, JABATAN BOLEH TINNGI, KEKUASAAN BOLEH MENGGURITA,  akan TAPI TATAKRAMA dan kejujran serta sportivitas harus tetap di dahulukan Pak, TERTAP DITEGAKAN PAK WALAU SEKALIPUN BAPAK BERHADAPAN DENGAN " ORANG KECIL ", BUKAN APA-APA KARENA BANYAK TINDAKAN ANDA YANG JUSTRU MENGGAMBARKAN KETIDAK PROFESIONALAN ANADA SENDIRI... caranya adalah mudah selalu dan selalu UNTUK membiasakan yang benar pak, BUKAN MEMBERNRKAN YANG BIASA pak..., alias jujurlah engkau kepada rumput yang bergoyang,.. inilah kisah nyata realita dan faktual,... yang mungkin bisa membuka ckrawala atau paling tdk menetralisir kebohongan agar yang berbohong dapat terhindar dari penumpukan dosa  secara terus menerus dan  berkelanjtan..... bersambung.....

wassalam : sudadio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar